Perkembangan teknologi tentu saja sudah semakin menarik saja untuk diikuti. Berbagai macam terobosan akhir-akhir ini saja selalu membuat kita berdecak kagum. Di tahun 2016 saja, Augmented Reality (AR) sempat juga menjadi sorotan. Selain AR tentu saja ada lagi yang namanya VR. Atau yang kita sering sebut dengan Virtual Reality yang mampu menyajikan gambaran dunia virtual ke dalam pandangan kalian menggunakan sebuah perangkat tambahan. Tentu saja masih ada pengembangan-pengembangan lain yang mungkin saja hadir di tahun 2017 bukan? Terlihat dari semakin pesatnya perkembangan teknologi, tentu hal ini mustahil jika tak ada.

Dilansir dari Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi ini telah memprediksi tren teknologi mendatang.  

  1. Advanced Machine Learning dan AI

Advanced Machine Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI) atau teknologi kecerdasan buatan. Tentu saja sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri dapat segera diwujudkan. Gartner juga memprediksi teknologi ini akan auh lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik dan juga untuk konsumen, virtual personal assistants, begitu pula smart advisors.

  1. Conversational System

Sepertinya tren mendatang juga hadir pada salah satu teknologi ini. Nantinya, chatbot atau program yang disimulasikan untuk dapat menjawab atau melakukan percakapan bakal banyak digunakan. Komunikasi ini nantinya juga bakal lebih interaktif kepada pengguna baik dalam bentuk teks, suara, mapun visual.

  1. Adaptive Security Architecture

Perkembangan IoT (Internet of Things) dan juga teknologi cerdas lainnya, tentu harus disertai dengan sistem keamanan baru. Keamanan pada lingkungan IoT adalah merupakan hal besar pasalnya semua hal terkoneksi atau berhubungan satu sama lain.

  1. Intelligent Things

Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning.Berbagai perangkat cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer sepertinya di tahun mendatang.Seperti halnya perangkat drone, autocar, dan juga appliances.

  1. Blockchain

Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik yang menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Di masa yang akan datang, Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam.

  1. Digital Twin

Digital Twinmengacu padasoftwareyang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.

  1. Conversational Systems

Di masa depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

  1. Mesh App and Service Architecture

Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

  1. Digital Technology Platforms

Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

  1. Adaptive Security Architecture

Perkembangan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain

ref