Pada saat ini, ada begitu banyak pilihan teknologi untuk membangun home automation yang berbasis pada nirkabel Wi-Fi atau bluetooth. Z-Wave dan ZigBee adalah dua contoh dari teknologi ini, kedua teknologi in memungkinkan perangkat home automation untuk dikontrol jarak jauh.

Z-Wave dan ZigBee digunakan sebagai”otak”untuk mengontrol perangkat home automation yang ada saat ini. ZigBee adalah teknologi yang telah menjadi bahasa standar untuk komunikasi nirkabel pada perangkat pintar. Berikut kita akan bahas beberapa hal yang berkaitan dengan ZigBee untuk menjadi referensi anda dalam membangun home automation di rumah anda.

Bagaimana ZigBee bekerja?

Pada awalnya ZigBee dikembangkan untuk penggunaan komersial, namun sekarang berfungsi sebagai standar dalam penginderaan (sensing) dan pengontrolan perangkat pintar yang digunakan di perumahan atau industri.

Jaringan pada ZigBee menerapkan topologi Mesh untuk mengirim data dan melakukan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lain. Teknologi ZigBee sering digunakan untuk menghubungkan ke perangkat lain dengan sebuah sistem Wi-Fi (Wireless) atau dikenal juga dengan teknologi Machine to Machine (M2M).

Keuntungan menggunakan topologi ini adalah memungkinkan jaringan dari perangkat otomatisasi rumah bisa dikembangkan dalam jumlah dan sinyal jangkauan yang besar tanpa memerlukan pemancar yang memiliki daya tinggi (high-power transmitters).

Kompatibilitas

Teknologi ZigBee adalah salah satu teknologi automation yang mendukung ribuan perangkat pintar. Banyak perusahaan membuat perangkat yang berkomunikasi dengan teknologi ZigBee, sehingga mempermudah kita untuk mengintegrasikan produk dari berbagai produsen. Beberapa produk pintar yang menggunakan teknologi ZigBee antara lain Smart LED WeMo dan Access Control Kwikset.

Keamanan atau security

ZigBee menggunakan enkripsi AES-128 untuk melindungi data dari hecker. Selain itu, untuk melakukan komunikasi atau pertukaran data, pada ZigBee terdapat access control. Access Control ini berfungsi untuk menentukan device yang akan dikoneksikan dengan device yang lainnya. Fitur keamanan lainnya yang terdapat pada ZigBee, adalah data dilindungi dengan sistem frame sehingga membuat data tidak mudah termanipulasi.

Pembaharuan

Teknologi ZigBee sudah digunakan oleh 400 organisasi, yanng aktif mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dari ZigBee. Pelanggan dapat dengan mudah menentukan dan mengitegrasikan perangkat otomatisasi rumah walaupun dari perusahaan yang berbeda.

Kelebihan dari teknologi ZigBee adalah pemakaian daya yang sangat sedikit dan diklaim mampu bertahan sampai tujuh tahun hanya dengan satu set baterai. Teknologi Zigbee juga memiliki fitur Green Power yang memungkinkan untuk menentukan perangkat yang tidak memerlukan baterai sama sekali.

ZigBee merupakan teknologi yang sempurna untuk DIY (Do It Yourself) dimana anda dapat menyesuaikan dengan preferensi dan menginstal sendiri teknologi yang anda inginkan untuk home automation rumah anda.

ref